Thursday, February 15, 2007

Dagelan, Dollar dan Kwaci


Ki Dalang :
Seperti Roda cokro Manggilingan yang berputar tak henti.. nasib orang ya seperti itu, ada masa diatas, ada masa dibawah... Tadi siang di TV ada berita Kang Bagong ditangkap di Mega Kuningan, Bekas Direktur Pengolahan Pertaminyak yang bergelar Doktor Insinyur itu tertangkap setelah hampir 3 tahun buron, Hebatnya selama 3 tahun itu, dia ya ngendon di Desa Jakarta! Tinggal di Jakarta dan usaha berkantor di Desa Jakarta disebelah kantor kejaksaan pula! hebat ndak!?

Yang paling bikin terhenyak ialah jumlah uang yang Kang Bagong gelapkan waktu masa jayanya yaitu US$ 189.000.000,- GILA! itu Kang Bagong baru jabatannya Direktur Pengolahan! yang layernya ke 3 di jajaran eksekutif atas Pertaminyak! Gimana kalo yang diatas?? Wis Gak jelas!, Ayo kita coba hitung yuk, US$ 189.000.000 x Rp.9000 lah = Rp. 1,701,000,000,000,00 Tobil-tobiil.. panjang amat itu jejeran nol, Kalo dibeliin Kwaci cap gajah bisa nyonyor tuh bibir rakyat sak Indonesia ini selama seminggu ngupasin kwaci... itu pun udah dibantu ngupas sama rakyat tumaritis! hehehehe..

Hebat!, Kang Bagong itu ya memang luar biasa, waktu ditangkep mukanya jadi berubah, rambutnya yang putih semua berubah jadi hitam, kacamatanya ganti, tadinya kelimis jadi berkumis.. weh weh... operasi plastik kali ya Kang? Jangan2... masih banyak buronan dinegeri ini yang udah pada berubah mukanya dan tetep ngendon menikmati keraharjaan negara ini??

Eh abis ditangkep... ada lagi adegan lucu, sama Pulisi, Kang Bagong ini lalu dimasukkan ke LP Cipening, yang kemaren notabene kata Menteri Hukum dan Kapulritis ( Kepala Pulisi Tumaritis ) PENUH!! makanya Komjen 'Petruk' Landung yang juga korupsi ndak bisa ditahan disana! ealah?? lha itu kok ada tempat?? Katanya udah ada beberapa tahanan yang dilepas, jadi sekarang ada tempat untuk kang Bagong... Lha kok Kang Petruk Landung nggak sekalian dimasukkan aja biar kumpul wayang ?

Wis memang dagelan kabeh negara ini, sedih dan getir sebenernya kalo melihat kelakuan petinggi2 kita ini... Duwur ngawur, Ngisor Ndlosor, Sedih... tapi ya bisa apa ya? lha wong aku cuma wong cilik... (* ngedumel sambil nyonyor ngupasin sekotak kwaci)

Tancep Kayon buat sementara.

No comments: