Saturday, December 04, 2004

TAHU KUPAT MAGELANG

Tahu kupat setahuku hanya ada di kota Magelang. dan hanya tahu kupat warung pojok yang aku tahu sejak aku kecil. Saat aku melakukan perjalanan semarang purworejo ke tempat nenek, tahu kupat magelang menjadi langganan untuk jajan dan jadi tempat yang menjadi favoritku bahkan sampai saat ini. Dan hanya di warung pojok itulah aku selalu membeli tahu kupat, ditempat lain di magelang?... tidak pernah.

Memang ada sih di Jakarta, di daerah Lebak Bulus dan ada cabangnya di daerah jalan saharjo, tapi berani taruhan? Pasti tidak seenak tahu kupat warung pojok Magelang.

Tahu kupat adalah makanan sejenis… apa ya?.. yang pasti terdiri dari ketupat, tahu putih yang digoreng diberi tauge diatasnya dan kemudian disiram dengan bumbu kacang yang agak encer. Bumbunya? Jangan Tanya. Aku tidak tahu. Tidak lupa taburan bawang goreng. Mmm yummi. Tentu saja panas, karena dia menggoreng tahunya hanya kalau ada pengunjung yang memesan. (mungkin ada yang hampir seperti itu di beberapa daerah lain, namun materinya pasti tidak sama, dan tentu saja aku yakin sekali, rasanya pasti berbeda jauh.

Hmmm… kangennya aku makan tahu kupat di warung pojok itu. sayang sekali, kemarin mudik tidak bisa merasakan kenikmatannya. You know why? Saat aku tiba di sana, tahu kupatnya………….. HABIS.
Kasihan ya? Kemecernya sudah sejak berangkat mudik, eh ternyata gagal total.
Akhirnyalah sampai sekarang masih terbayang terus tahu kupat warung pojok di Magelang itu.

1 comment:

Dhea said...

Hi.....boleh khan mampir di weblognya jadi ingat juga saya dengan tahu kupat/ warung pojok dekat alun alun di jantung kota Magelang. Kebetulan saya lahir dan dibesarkan dikota asri tsb cuman sekarang sudah lam belun sowan nih.