Monday, February 09, 2009

Kepuasan adalah...

Kadang-kadang kepuasan seseorang akan apa yang telah dijalani dalam hidupnya, tidak dapat dipatok dari jumlah materi yang dimilikinya.
Walaupun, materi memang mau tidak mau (BISA) membuat orang nyaman.

Saya merasakan kepuasan hidup saya malah sekarang ini. Dimana saya, sudah pernah merasakan segala hal kenikmatan dan kemudahan hidup, dan ternyata saya bisa survive juga saat diberi kesulitan dalam hidup.

Saya merasakan kepuasan hidup saat dapat melakukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan saya walaupun tidak ada materi berlebih didalamnya.
Saya pernah merasa frustasi saat saya melakukan hal hal yang jauh dari minat dan kemampuan saya, walaupun diberikan materi sangat berlebihan dalam pekerjaan tersebut.

Saya merasakan kepuasan hidup saat saya dapat melakukan kegiatan saya inginkan,
saya merasakan kepuasan hidup saat saya memiliki teman-teman yang dapat bersama-sama melakukan kegiatan tersebut.
Saya merasakan kepuasan hidup saat saya dapat menjelajahi alam, bukan saat saya menjelajahi mal ke mal.
Saya merasakan kepuasan hidup saat saya dapat melihat dan mengetahui bahwa begitu banyak masalah individu yang dapat saya explore dalam keseharian hidup saya, bukan saat saya bertemu dengan orang orang yang bertopeng dengan materi.
Saya merasakan kepuasan hidup saat saya memiliki teman yang sama cueknya akan penerobosan norma norma yang ada, sehingga saya tidak harus menjadi seorang yang munafik dalam melakoni hidup ini.

Adalah hal yang sangat memuaskan, saat kita bukan jadi orang munafik.
Adalah hal yang sangat memuaskan, saat kita melakukan apa yang kita inginkan.
Adalah hal yang sangat memuaskan, saat kita memiliki teman perjalanan yang asyik dan seru.
Adalah hal yang sangat memuaskan, saat kita memiliki orang orang yang kita cintai didalam hidup kita.
Adalah hal yang sangat memuaskan, saat kita memiliki sahabat yang mengerti kita.
Adalah hal yang sangat memuaskan, saat kita dapat berhasil melewati kesulitan hidup.
Adalah hal yang sangat memuaskan, jika kita ternyata tidak jadi pengeluh saat menghadapi kesulitan hidup.
Adalah hal yang sangat memuaskan, jika kita dapat melalui kesulitan itu dengan tetap dengan penuh rasa syukur.

2 comments:

Anonymous said...

yang penting tidak lupa bersyukur atas kenikmatan itu...krn kenikmatan bisa saja sebetulnya ujian..ya to?

ika rahutami said...

kalo dalam ilmu ekonomi.. cie cie..
kepuasan itu relatip.. jadi ya tidak bisa diukur dan diperdebatkan hehe