Wednesday, February 11, 2009

Women on the Bromo's Trip (JILID 2)


Jam sudah menunjukkan pukul 11 an saat saya dan teman teman sudah siap meninggalkan hotel. Berhubung, temen saya sudah kadung janji mau bawain temen temen dokternya mangga probolinggo.. akhirnyalah kita mengambil arah jalan turun yang mengarah ke kota Probolinggo. Santai aja.... mau mampir ke mana aja hayuk aja.... toh ndak ada yang mengejar jadwal...
Sampai di kota Probolinggo kebingungan.. mana ya tempat jual mangga. Akhirnya kita putuskan asal jalan aja, mosok sih ndak ada yang jual mangga sepanjang jalan di probolinggo. Ternyata... kata pedagang mangga, lagi ndak musim mangga. Jadi mangga yang dijualnya bukan produk yang siip..
Iyalah.. wong pada asem gitu.... beli aja males saya...
Cuma karena si temen satu udah kadung janji, ya udah.. asem ndak asem itu mangga tetep dibelinya. Lha wong janji ya harus dipenuhi, walau tidak memenuhi kwalitas rasa mangganya.
Bolak balik berhenti di penjual mangga. Halah.. dasar saya adalah orang yang paling cuek dengan urusan oleh oleh.. saya cuma nunggu aja di mobil. Ndak tertarik blas.
..
Setelah dapat dua keranjang penuh mangga probolinggo yang asem.. dan satu keranjang serikaya yang kecil kecil, perjalanan dilanjutkan.
Biasa, sopir bis.. jadi ngebut tuh...
Eittttttttt... stop stop.. ada rumah makan menarik di sebelah kanan jalan.. judulnya RAWON NGULING... or apalah...
Saya langsung minta temen saya untuk berhenti dan berputar arah... Sopir rada mangkel, lagi enak enaknya ngebut.... Saya bilang.. pokoknya mbalik... mbalik... saya mau makan beneran... Perasaaan dari kemarin makan ndak ada yang nikmat.... cuma makan terpaksa aja....karena harus makan.
Akhirnya si sopir sambil ngomel ngomel setelah cukup jauh dari proses ngebut mbalik juga ke rumah makan tadi.
Menu utama, nasi rawon.. tp ada banyak menu lain yang menarik, sayang perut ini ndak mungkin makan dua menu sekaligus...
Enak rawonnya. Ya.... at least saya merasa itu makan beneran lah... hahaha..

Setelah selesai, perjalanan dilanjut menuju Surabaya. Sesuai janji pada salah satu teman di surabaya, kita mau mampir. Walaupun saya sedikit rada ndak sreg, karena, ndak semua orang bisa menerima kegiatan yang kita lakukan ini. Pasti akan ada banyak pertanyaan, baik yang terlontar maupun tidak. Pasti akan ada penilaian, baik terlontar maupun tidak. Pasti akan ada bisik bisik tetangga membicarakan kegiatan kita ini... Mau ndak mau saya mampir. Dengan anggapan, yang paling tahu bagaimana dan apa yang kita kerjakan adalah diri kita sendiri. Biar orang lain menilai apapun, terserah..!!!

Perjalanan dilanjutkan kembali, dari Surabaya jam 10 malem an. Cuek banget ya? Lha gimana lagi, teman teman besok pagi harus ngantor lagi. Jadi mau nyampe jam berapapun, ya harus nyampe Semarang sebelum jam kerja.
Waduh... gila.. perjalanan malam saat itu bener bener menguji mata kita. Hehehe, saya dan yuni gantian nyetir. Ngantuk, ganti... ngantuk.. ganti.. gitu aja..

Ada yang cukup seru.. di perjalanan ada berjejer penjual srikaya gede gede banget. Mau dong beli... tp... berhubung tengah malem.. itu penjual kita udah teriak teriak mau beli, ndak ada yang bangun...
Mosok iya mau maksa ngambil srikaya tanpa bayar...
Jadi dari 10 warung buah srikaya, ndak satupun kita kasih salam, orangnya keluar...
Maklum... siapa yang mau melayani pembeli ndak ngerti jam ini.. hahahaha!

Perut keroncongan... saya bilang ke temen2.. cari makan yuk, ntar kalau ada tempat makan buka.
Walah..... gila.. mosok ndak ada yang buka sih sepanjang perjalanan yang melewati beberapa kota tersebut. Saya lupa, kota-kota yang saya lewati adalah kota yang tidur saat orang orang sedang tidur.
Laper.....!!!

Sampai di Kudus, mengembalikan teman kepada suami dan ke anak-anaknya (hahaha!!). Saya.. tewas di mobil. Baru dibangunkan setelah ada teh manis hangat menunggu untuk diseruput....

Akhirnya sampai juga di Semarang. Selamat. Dan disambut omelan oleh ibu saya, karena saya pergi jauh ndak bilang bilang... (ndilalah cuma pamit mau ke timur heheheh... dulu bandel.. sekarang tetep bandel kelihatannya).....

Walaupun saya dan temen temen memakai mobil yang jelek (kata orang-orang), bukan berarti hal itu jadi masalah untuk kita. Karena kebersamaan dan keputusan bersama saat melakukan perjalanan lebih penting.
Kadang-kadang, orang memberikan penilaian hanya berdasarkan apa yang dilihatnya.
Mereka tidak tahu, bahwa ada makna dan nilai yang ada dalam prosesnya.

Saya yang terbiasa kluyuran di kota kota kecil, di hutan, di desa, di kampung, tidak terlalu perduli, apakah saya mau pergi naik mobil sedan mewah, naik mobil klutuk, naik pesawat, naik bus umum, naik kereta api,.... naik sepeda, bahkan jalan kaki hayuk aja... sepanjang saya puas melakoninya...

Jadi.. saya kadang kasihan kalau ada orang yang masih menilai kemampuan orang lain berdasarkan apa materi yang terlihat. Karena, belum tentu materi yang terlihat mencerminkan keadaan sebenarnya.

Hmmm... perjalanan yang mengesankan. The next trip? sudah direncanakan, tinggal mencari teman teman yang asik, easy going dan tentu saja sepaham bahwa tidak semua yang asik itu berlandaskan hal hal yang bersifat materiil....

No comments: