Friday, May 22, 2009

Moloku Kie Raha (1)

Saya tergagap, saat membuka mata melihat pemandangan begitu indahnya. Waduh sudah kelewatan sunrise nya nih...
Tapi pemandangan di depan mata saya mampu membuat saya cepat cepat mengambil kamera dari dalam tas. Pulau Ternate terlihat sangat indah.
Wow.... sentimentil mode on deh....


Sampai di ternate sekitar jam 8 pagi waktu setempat, setelah kurang lebih 3,5 jam saya dan teman teman berada dalam badan pesawat Batavia Air dari Cengkareng Jakarta.
Hwah....
Pulau kecil ini yang akan jadi tempat saya bekerja dan berpetualang beberapa minggu kedepan.

Capek. Bukan karena apa apa, karena nunggu pesawat yang akan berangkat jam 2 pagi kan jadinya beneran lek lek an itu.
Keluar dari bandara sultan baabulah, kami disambut supir supir taxi plat hitam. tarifnya... 50 ribu perorang ke kota.
Mau ndak mau kami harus mau, karena penjemput kami sakit (supirnya... !!!)...

Tujuan pertama, hotel yang direkomendasikan teman kami,.. penuh, hotel kedua, penuh juga, hotel ketiga.. penuh juga... walah... eh itu ada losmen... penuh juga...hotel lagi..penuh lagi
Gila ya...
ada acara apa sih ini hingga semua hotel yang terjangkau budget penuh semua.

Akhirnya supir taksi membawa kami ke satu hotel kecil, namun asri. Namanya hotel Azzalia. Kecil dan cantik. Waktu saya lihat brosur di meja resepsionis, boutique hotel, waduh.. mahal ini pasti. Tapi ah... cuek aja lah.. mosok iya kita mau muter muter cari hotel yang jumlahnya paling juga cuma segitu gitunya di ternate ini.
Ada sih pasti hotel kosong, tp bintang 4, mau?????????????
Mau tp gratisssss
...
Begitu nanya kamar, cuma ada satu kamar kosong saat itu.... pikir pikir, ya udah biarin deh, yang penting bisa bersih bersih, soalnya sudah keburu janji dengan kantor dinas setempat untuk kesana. Ini hari Jumat gitu lho..... Besok sudah libur.
Ambil aja satu kamar ini, nanti ada yang check out.. ambil lagi.....
....
Hotel ini hanya punya 10 kamar. Bekas rumah, jadi ukuran tiap kamar tidak sama, interior juga beda beda.. tapi saya suka. Unik.
Harganya? jangan tanyalah.. di atas budget... biar ajalah... sekali ini, besok kan sudah masuk ke pedalaman hutan yang tidurnya entah akan beralas apa.
....
Setelah jumatan, ketiga teman saya tewas dengan sukses.... saya? mosok take a nap .... ndak banget lah..
saya panggil ojeker.. saya bilang ke dia, bawa saya muterin ternate.... berapa? tawar menawar terjadilah.... dan deal!!!!

Kota ternate ini tidak begitu besar, paling juga kalau jalan mengitari pulau, ndak ada satu jam sudah habis jalannya. Kota ini unik, kecil, tp punya sejarah besar di masa lalu. Coba.. siapa sih yang ndak tahu keberadaan kerajaan ternate dan tidore...
kebangeten banget kalau ada yang ndak tahu....

Beberapa tempat penting di sini berhubungan dengan sejarah, seperti benteng, kraton dan masjid. Ada beberapa benteng di ternate ini. Coba kita telusuri satu satu...

BENTENG TOLEKKO

Benteng Toluko ini ada di ketinggian (berapa ya??) yang pasti, dari sini kita dapat melihat keadaan laut dan jalur lalu lintas laut.




pemandangan laut dari atas benteng toluko...
(jadi membayangkan, jaman duluuuuuuu.... pasukan dapat melihat siapa saja yang datang ke pelabuhan ternate.
Pulau yang terlihat itu adalah Pulau Tidore.

MASJID KRATON SULTAN TERNATE

Masjid ini menjadi cagar budaya, karena tempat ini merupakan masjid kasultanan terate.
Lihat dong itu atapanya, berbentuk atap tumpang, salah satu ciri masjid kuno di indonesia


KRATON SULTAN TERNATE

Kraton ini masih jadi tempat tinggal sultan ternate sampai saat ini. Permaisurinya, cuantik, tp kok bukan asli orang ternate ya? tahu ndak? Asli permaisurinya ini, dari kendal!!!!
Nah lho......


BENTENG KALAMATA


Benteng ini ada di tepi laut juga......



pemandangan dari benteng kalamata ke arah gunung gamalama

tembok luar benteng kalamata


BENTENG ORANYE

Ada satu benteng di tengah kota, yang saat ini berfungsi jadi tempat beberapa kegiatan olah raga. Bagian tengah dari benteng menjadi asrama (tni??)

termenung sendiri di pucuk meriam... wakakakak!


Akhirnya, hari menjelang senja,.....
Cari sunset???? ya ndak mungkinlah, karena kotanya menghadap ke timur, jadi sunset ada di balik gunung Gamalama.......
dan dengan segala daya upaya, dapatlah gambar sunset yang dramatis ini....



Pagi-pagi, ketinggalan sunrise oi... kesiangan setengah jam... jadinya ya telat...
tapi emang lagi banyak awan.. jadi gitu deh... hasilnya ndak optimal
saya menikmati peristiwa pagi itu...
karena..... dari hotel ke pantai ini ndak gitu jauh... jalan kaki seperempat jam nyampe


berhenti sejenak, menikmati pagi di tepi pantai.... dan akhirnya.. siluet bangunan masjid tadi muncul..
eh.. ada simbah lagi ngudut... seru juga... akhirnya ajudanku (wakakakak!) saya minta ambil gambar saya dengan arahan berkali kali... (repot ternyata.... tukang ambil gambar, giliran pengin punya gambar sendiri,.. harus jadi pengarah gaya sendiri juga....)
akhirnya........... between me and her.... ada jarak yang jauuuuuh.....

di belakang saya adalah pulau ternate dan gunung ibu.....

lihat mesjid beratap hijau??? sptnya kedepan akan jadi landmark kota Ternate, saat ini masih dalam tahap pembangunan... bagaimanapun, sudah kelihatan darimana mana bangunan itu....


ini pelabuhan besar, jika kita akan naik feri ke pulau pulau lain dengan membawa kendaraan....

Sementara segini dulu ceritanya, menyeberang ke Halmahera keesokan paginya....

karena dikejar deadline dephut, harus selesai minggu ini ........ jadi.... wait and see

(bersambung)

3 comments:

SinceYen said...

Ret, gileee!!! Udah nyampe Ternate dan merambah Halmahera juga!!!
Aku cuman sempat merambah laut sekeliling Halmahera saja.
Iri mode on penuh nih!!! :D

Ditunggu kisah selanjutnya!!

Anonymous said...

woooo baguus... pengiin jalan kesana.
selama ini cuma muter2 di sekitaran jogja doang di www.yangpentinghepi.wordpres.com
Lam kenal mbak :)

tronsil said...

bagus
inget waktu kecil, rumah gw menghadap gunung ibu.