Tuesday, March 28, 2006

Sekarang Allah lagi ngapain ya?

Si sulung sedang mid test, jadi seperti biasanya aku nemenin dia belajar soal soal. Kebetulan saat itu, dia sedang belajar agama, karena dia besok test agama. Dan seperti biasanya, aku lakukan tanya jawab dengan si sulung untuk hal hal yang memerlukan penjelasan lebih lanjut. Tidak sekedar mengisi soal jawaban ganda.

Dan sampai akhirnya ke soal Nabi Ibrahim yang membangun Ka'bah. Si sulung tanya, sebenarnya Nabi Ibrahim itu ada beneran atau cuma cerita aja. Mengapa Nabi Ibrahim membangun Ka'bah? Dimana disimbolkan sebagai rumah Allah. Jadi Allah ada di sana ya bu? Itu kan ada pintu masuknya segala.

Matilah aku!!! Gimana menjawab supaya dapat diterima secara nalar oleh si sulung. Akhirnya aku jawab.. " kamu sudah mempelajari sifat sifat Allah kan??? ya itu kamu baca lagi aja. "

Eh, tiba tiba si bontot nyelonong aja ikut nimbrung,..."eh nang (si bontot panggil kakaknya memang tanpa tedeng aling aling. langsung sebut nama aja. parah tuh anak). eh nang... kan Allah itu ada di sini.. di dalam hati...ya to bu ?? (sambil memandangku).. Aku cuma iya in aja sambil senyum senyum lihat ekspresi wajahnya.. dan dia sambung lagi... "iya.. kata bu guru begitu.." (ketika dia lihat si sulung menertawakannya) Lagi2 aku cuma bisa mengiyakan......

Then.. aku dan si sulung melanjutkan proses belajar yang terputus tadi... eh.. tiba tiba si bontot yang baru keluar dari kamar mandi nyeletuk lagi "bu bu.. kalau Allah ada di dalam sini (sambil nunjuk dadanya).. terus sekarang lagi ngapain ya???" (mati kutulah aku...) akhirnya aku jawab aja sambil bercanda..."lha itu lagi ngawasin kamu yang belum pake celana.. ....sana pake celana dulu!!!!"

Begitulah... satu session tanya jawab yang cukup menggelitik dari si bontot.

Mau dijawab serius.. kok masih balita?? mau dijawab ndak serius.. kok pertanyaannya cukup serius.

5 comments:

kinanthi sophia ambalika said...

Huhahahahahha....

Kayaknya waktu itu Allah lagi geli melihat sang bunda kebingungan mbak. Tapi bener kita sekarang mesti lebih cerdik didik anak. kalo tidak wah...kuwalahan dengan kepintaran dan kekritisan mereka

Anonymous said...

wuih...aku blm ke tahap itu, krn kebetulan dennis baru 2 thn, tp kebat kebit juga ngeliat gimana anak2 jaman sekarang bertanya n ber reaksi....

nl said...

cerdas..kritis..jujur..
itu sifat anak sekarang.
membuat kita harus lebih cerdik lagi saat menjawab pertanyaan2 mereka..

igouw said...

Kenapa kita sering mempersulit konsep Allah sebagai dzat penguasa seluruh kehidupan ini sih?

Mengajari anak akan konsep ketuhanan akan lebih baik dengan cara memberikan contoh dan pemahaman sederhana...

Kalo dinda bilang Allah ada disini ..( dihati, didalam dirinya ) coba tanya dinda : Ibu selalu ada gak didalam diri dinda? Dinda selalu inget ibu nggak kalo Ibu pas lagi kerja? ( Bukankah semua Ibu selalu ada didalam diri kita sebagai anak dari orang tua kita? ), Seperti Itulah Allah ada didalam diri kita...

Seorang Ibu yang ada di semarang selalu ada dihati anak2nya yang tersebar di Jakarta, Yogya, Medan, Berlin, London... dimanapun mereka berada... Tidak secara fisik, tetapi selalu ada didalam diri kita.

Mudah kan sha? kalo mau pembahasan serius.. bisa kita bicarakan nanti yah?

Salam

SinceYen said...

Tapi jawabannya tepat, kan mbak :)