Monday, May 24, 2004

Masukan dari seorang kawan dekat:
Mengapa militer identik dengan kekerasan?

pernah kamu ingin tahu? mempelajarinya ? , well karena memang ada sifat cohersive disana, ada bentuk pemaksaan fisik dengan bantuan senjata.. di sipil hal itu tidak ada, tentu saja karena sipil gakl punya senjata.. Seluruh senjata yang tercipta didunia ini adalah hasil daya imajinasi otak manusia, berbagai bentuk dan ragam senjata asal mulanya adalah hasil olah daya pikir manusia dalam usaha pemaksaan kehendak, sekali lagi atas azas pemaksaan kehendak.
Namun sedahsyat apapun senjata, haruslah kita ingat bahwa tapi tanpa disadari senjata terdahsyat yang pernah ada sebetulnya bernama otak manusia! siapa bilang kita gak bisa memaksakan kehendak tanpa senjata? bisa! tentu saja bisa! Setiap manusia pasti memiliki kehendak untuk memaksakan pendapat dan keinginannya? dan pada realitanya ada yang memakai senjata ada pula yang tidak memerlukan senjata?
Seorang politikus ulung tidaklah memerlukan pistol, senapan atau bom atom untuk memaksakan pemikiran atau kehendaknya membentuk suatu lingkungan Seorang Ulama cukup dengan bertutur kata lemah lembut mampu memaksa suatu golongan atau masyarakat untuk menjalankan ide nya? Seorang Manajer tanpa menodongkan mitraliurpun dapat memberikan guidance, arahan dan membuat anak buahnya bekerja sesuai dengan kehendaknya?
Jadi terbukti bahwa kekerasan baik dalam militer maupun sipil, tidaklah menjadikannya suatu hal yang mutlak ?menguasai? atau menyakiti!. Kata kata sindiran yang lemah lembutpun dapat membunuh seseorang! Dititik inilah kita harus mulai bisa mengerti mengapa konsep agama sangat penting dalam mencegah terjadinya kekerasan, Islam adalah agama perdamaian, Kristen merupakan agama kasih sayang? pernahkah ada agama2 besar yang mengajarkan kekerasan? tentu tidak ada kan? kekerasan adalah jalan terakhir yang ada diluar konteks keagamaan.
Kekerasan maupun kelemah lembutan adalah senjata yang sama2 dahsyat, baik secara fisikal maupun mental sifatnya.. Kekerasan adalah hal yang diciptakan oleh daya pikir manusia, Lihat contoh Kawat Berduri.. apa yang kamu pikir tentang kawat berduri? penjara? hehehe, pernahkah kamu tau bagaimana kawat berduri tercipta? awal mulanya adalah untuk mencegah binatang ternak keluar pagar? tapi lihat apa yang terjadi? citranya berubah menjadi bayangan kamp tahanan, menjadi bengis dan kejam tanpa ampun? apa yang merubahnya? Imajinasi manusia..! Jadi.. kekerasan dapat hilang bila kita menyayangi, jika kita mau berdamai, dan hanya jika kita mencintai..

cintailah cinta *Group band dewa

No comments: