Thursday, May 06, 2004

Tuhan.. jangan tinggal kan diriku
Tuhan .. jangan tinggalkan diriku
..
begitu gumam Joan d'Arc pada saat dia akan dibakar di tiang hukuman.
tapi dia tetep tegar dan menantang.
kepercayaannya pada Tuhan tidak sedikitpun luntur.
.. yang membuat aku tidak habis pikir... bahkan di saat terakhir dia minta pendeta untuk dia mengaku dosa... tidak ada pendeta yang mau.
aneh nggak sih.
pendeta itu kan notabene wakil Tuhan (menurut mereka), yang harusnya nggak masalah kan kalau Joan mau ngaku dosa. tp.. kenapa mereka tidak mau.
...
Tuhan Joan kan sama dengan Tuhan para pendeta itu. kalaupun Joan merasa kadang bisa berkomunikasi... kan bukan berarti dia menjadi sesat. aneh.
...
ada yang membingungkan aku... saat Joan dipaksa menandatangani satu carik kertas... dan akhirnya dia mau, si pendeta terlihat puas... karena dia akhirnya tidak bertanggung jawab atas diri Joan lagi dan gereja tidak perlu menghukum karena perbuatan Joan, karena lagi.. Joan dianggap sudah bertobat dengan menandatangani surat itu. Padahal Joan tidak murtad, tidak ingkar?
..
pendeta itu puas... dia tidak harus membakar Joan. Yang menghukum Joan kemudian adalah Kerajaan Inggris. Dan.. begitupun...dia tidak memenuhi janjinya pada Joan.. yang minta untuk dapat mengaku dosa.
..
Gereja ini aneh. Tangannya tidak mau kotor. Tapi tidak juga mau membersihkan apa yang menjadi kotoran bagi dia. Biarlah orang lain saja yang bertanggung jawab. begitu mungkin jalan pikirannya.
...
dan 500 tahun kemudian... oleh gereja juga Joan diangkat jadi orang suci.
aneh kan?
aneh.
...

No comments: