Thursday, September 09, 2004

Satu Lagi

Kemaren sore, sempet kaget, denger berita Munir (koordinator KONTRAS), tokoh HAM, meninggal dunia dalam perjalanan ke Nederland. Meninggalnya di atas pesawat lagi.
Memang secara pribadi aku tidak kenal dengan dia. Namun sepak terjangnya dan kevokalannya melawan pemerintahan, baik jaman orba maupun sekarang memang membuat dia jadi tokoh yang cukup dikenal.
Satu hal yang membuat aku KAGET. Ternyata dia seumuran dengan aku. Kelahiran tahun 68 juga.
Aku malu. Dalam umur yang sama, dia sudah berbuat banyak hal. Sementara aku belum.
Memang, ideologi itu tidak dapat ditukar dengan materi. Dan ideologi juga tidak akan dapat berjalan seiring dengan materi. Kecuali ideologi yang melenceng tentunya.

Ingin juga aku berjuang seperti dia. Tuntas. Total. Habis habisan.
Tetapi.. bisakah aku?
....
Mengesampingkan pemenuhan materi untuk memenuhi hasrat ideologi?
..
Anyway,.. aku turut bersedih dan berbela sungkawa sedalam dalamnya, karena Indonesia kehilangan satu putra terberaninya.
Mudah mudah an akan ada yang lain lagi. Yang seperti dia.

No comments: