Thursday, March 31, 2005

Internet Marketing.... ??????

Kapan itu.. aku lihat artikel di Kompas tentang Anne Ahira. Wah.. baca hasil wawancaranya... jadi pengin juga. Siapa sih yang ndak pengin pensiun muda. Terus bisa mengerjakan apapun yang kita inginkan dengan tanpa susah susah. Ya kan? Keliling dunia... itu yang aku impikan.
.....
Akhirnya aku berburu informasi soal internet marketing ini. Seorang teman yang kuanggap tahu segala hal tentang segala sesuatu yang berbau internet hanya tertawa saat aku tanya tentang hal tersebut. Gimana sih.. ditanyain malah ketawa jawabannya, plus kata kata semoga sukses dengan internet marketingnya. Ealah... ini orang.. ditanya soal informasi lebih jauh malahan.. gitu. Sebenernya tahu or ndak sih teman ini.
.....
Yah akhirnyalah.. berburu sendirian aku untuk cari informasi lengkap. Sempat aku klik soal elite team nya anne ahira di google, that's mean otomoatis namaku terdaftar disana, dan dalam bilangan jam, aku langsung dapat email soal internet marketingnya anne ahira ini. Salah seorang yang dianggap sbg elite team Indonesia, dengan rajin mengirimi aku imel. Dan yang mana semuanya belum aku baca dengan lengkap. Belum sempat baca man!!
Namun sedikit membaca informasi di website elite team, aku bisa mendapatkan sedikit gambaran yang bisa aku pegang.
Sepertinya ini seperti model model network 21 nya Amway.
Ampun deh kalau meamng seperti itu. Ndak janji bakalan tertarik deh aku.
.....

Jadi inget, dulu ada beberapa orang teman menawari aku untuk jadi downline mereka, baik itu network 21, or... yoshihiro,... or... apalah itu, sampai yang terakhir yang jualan coin emas dengan gambar tokoh tokoh terkenal Indonesia (Bung Karno dan Bung Hatta kalau ndak salah). Namun, semuanya pasti aku analisa terlebih dahulu baik dengan logika sederhana, maupun yang tidak sederhana (like.. pake itungan matematika), dan hasilnya?.... aku tidak yakin bahwa hasilnya seperti yang ditawarkan oleh mereka.
Secara sederhana saja aku mikir.... okay kalau semua downline bisa berkembang dengan baik sesuai rencana, lha kalau tidak...? lha kalau orang orang yang ditawarin semua berpikiran sama dengan aku?.. alah.. kapan sampainya. Mungkin iya.. ini pemikirian orang yang pesimis. Namun pesimisku ini kan memakai perhitungan dan logika sederhana saja.
Sebenarnya, semua itu hanyalah hitungan di atas kertas. Memang akan jadi kenyataan orang jadi pensiun muda jika downline kita jalan semua, tiap bulan dapat penghasilan rutin. Namun.. sekali lagi namun... coba dengan itungan bodon aja... kalau downline tidak jalan bagaimana mungkin perhitungan pendapatan rutin itu bisa tetap jalan?
Akan masuk akal jika ada produk yang dijual dan nyata. Namun kadang up-grade harganya sudah ndak masuk akal, karena banyak prosentase nya dipakai untuk membayar komisi komisi jaringan yang ada tersebut.

Sekarang, ada satu contoh nyata, penjualan koin emas bergambar tokoh indonesia, kita beli dengan harga... (berapa ya? lupa aku yang pasti ada di hitungan jut jut an deh) katakanlah kita beli dengan harga X. Otomatis kita jadi member, dan kita punya kewajiban untuk memasarkan koin tersebut, yang dibilang eksklusif karena hanya dibikin beberapa puluh saja.
Nah... sewajarnyalah kalau itu memang koin emas, kita bisa dong menjualnya ke toko emas, kalau kita lagi butuh uang. Ya ndak?
Namun, sekali lagi namun.... ternyata koin itu tak bisa kita jual lagi. Alasannya?... kandungan emasnya tidak seperti yang ada di pasaran.
Kita hanya bisa jual lagi ke tempat kita beli itu. Dan sptnya dengan harga tidak sama dengan saat kita beli.... kurang dari harga beli gitu.
Tuh.. ... aneh kan? (itu yang aku tanyakan ke teman yang presentasi ke aku untuk masalah koin tersebut).
Namun lumayan kualified juga tuh distributornya, karena menggandeng putra putra bung Hatta untuk mempromosikan koin bung Hatta.
Lha wong aku kon disuruh beli koin bung Hatta, boro-boro beli koin emas bung Hatta, lah untuk beli gelang sendiri aja masih tidak terpikirkan.
Salah alamat deh itu teman jual koin.
........

back to the above subject...

Pernah ada saudara yang presentasi network 21 ke aku, aku pikir bukan amway (berhubung aku udah tahu amway dan aku pasti akan nolak kalau ada urusannya dengan amway) makanya aku mau. setelah diterang terangkan... ternyata ada hubungannya dengan amway. Sekali lagi .. akan masuk akal kalau proses marketing itu... adalah jual produk. Namun.. ternyata dalam kasus ini, bukan produknya yang jadi fokus.. namun networknya yang jadi fokus. Nah yang inilah yang agak ndak masuk akal buatku. Hitungannya memang masuk akal.. namun... prosesnya yang ndak masuk akal.
Saudaraku yang tadinya ndak pernah berbaik baik, jadi baik sekali saat itu... kasih pinjem buku dan kaset.
Dan setelah aku tidak kasih respon bagus atas tawaran dia, buku dan kaset di minta lagi dengan nada yang tidak enak didengar, plus buku dan kaset cuma disuruh nitipin di rumahnya aja... ndak perlu ketemu dia... Ampun... kok ramahnya jadi ilang???!! Hubungan persaudaraan jadi sedikit terganggu pada periode tersebut. Namun sekarang sudah baik lagi, setelah... sepertinya dia ndak bisa kembangin bisnin MLM nya itu. (hahaha)
...

Nah... tentang internet marketingnya Anne Ahira, sampai sekarang masih belum aku hitung secara matematis.. masih belum sempet ngitung!!!
Tapi.. jika aku baca secara sepintas imel imel dari orang elite team mereka... sptnya.. memang seperti MLM... aku harus cari downline 4, dan setelah itu kita harus supervisi mereka untuk ngembangin downline nya... dan seterusnya... Jadi intinya MLM dengan nama berbeda... (ghegheghe.. ketawanya popeye)
Dan.. harus pakai credit card pula. Padahal kan aku tak punya credit card.. dan berusaha untuk tidak berhubungan dengan credit card (berhubungan dengan pengalaman masa lampau yang tidak enak dengan credit card).
Jadi.. sepertinya.... jauh jauh aku dari internet marketing dah.
Dan kebetulan ada yang tulis tulisan seperti dibawah ini.. jadilah.. rada rada mantap penilaianku atas elite team ini.
.........
"Aksi Prihatin terhadap Skema Bisnis ANNE AHIRA "

Kami, warga masyarakat dan komunitas Internet, merasa prihatin terhadap model bisnis yang diterapkan oleh Anne Ahira. Kami keberatan bahwa bisnis ini diasosiasikan dengan melakukan marketing di Internet. Marketing yang dilakukan di Internet sebenarnya adalah sesuatu yang baik dan wajar asalkan dilakukan dalam batas-batas etika dan kewajaran.


Setelah melakukan penyelidikan, kami berkesimpulan bahwa bisnis ini hanyalah sebuah praktik skema piramida yang dibungkus dengan istilah Internet Marketing. Hal ini jelas terlihat dari apa yang harus dilakukan oleh setiap anggota Elite Team, yaitu merekrut empat anggota baru. Skema piramida sejatinya merupakan penghisapan oleh segelintir individu terhadap banyak orang. Menurut kami, Internet tidak perlu dikotori dengan pemasaran dari bisnis tidak jelas seperti itu. Silakan melakukan pemasaran via Internet sejauh masih dalam batas-batas kewajaran dan bisnisnya adalah bisnis yang baik dan jelas.

Lebih jauh lagi, kami melihat bahwa Elite Team menawarkan janji yang menyesatkan, yaitu menyatakan bahwa tujuan Elite Team adalah agar semua anggota Elite Team memperoleh penghasilan $6.688 per bulan, dan bahwa ini adalah tujuan yang realistis. Tetapi realitanya adalah: seandainya semua anggota Elite Team bekerja keras dan teguh pada regimen Elite Team, hanya 1 dari 341 orang, atau 0,29%(!) yang memperoleh $6.688 per bulan. Sangatlah
jauh dari apa yang diakui sebagai tujuan realistis Elite Team.

Produk yang ditawarkan Anne Ahira/EliteTeam adalah keanggotaan representative (rep.) di Financial Freedom Society, Inc. (FFSI), di mana setiap rep. harus membayar $54,95 per bulan kepada FFSI. Setiap rep. memperoleh komisi dari menjual keanggotaan FFSI ke orang lain sehingga menjadi rep. baru. Orang yang direkrut ini disebut sebagai affiliate, atau di MLM lain dikenal dengan nama downline, dan setiap rep. juga memperoleh komisi dari penjualan yang
dilakukan oleh downline-nya sampai empat tingkat downline.

Selain dari keanggotaan FFSI, boleh dibilang tidak ada produk atau jasa yang dijual oleh Anne Ahira dan Elite Team. Dalam sistem Elite Team, besar penghasilan bulanan seorang anggota tergantung dari jumlah downline FFSI-nya dan bagaimana struktur downline tersebut karena tidak ada atau hampir tidak ada penghasilan seorang anggota Elite Team selain dari komisi FFSI.

Dengan perhitungan satu anggota mendapatkan 4 anggota baru, seperti yang dipraktikkan oleh Elite Team, maka hanya dalam 17 tingkat piramida jumlah anggota keseluruhan menjadi sebanyak 5.73 miliar. Sedangkan jumlah populasi manusia keseluruhan di dunia hanyalah 6.4 miliar. Jika seluruh 5.7 miliar manusia tersebut mengikuti program ini, maka hanya 89 juta orang yang akan berpenghasilan $6.688 per bulan. Sementara 5.3 miliar lainnya merugi!

Dengan demikian kami menghimbau masyarakat Internet untuk tidak mudah terjebak oleh iming-iming kekayaan yang dijanjikan oleh Anne Ahira, Elite Team maupun pihak-pihak lainnya. Kami berharap masyarakat Internet bisa menyadari adanya model bisnis semacam itu sehingga dapat lebih waspada. Kepada redaktur media massa juga kami berharap untuk selalu melakukan investigasi terlebih dahulu ketika membahas bisnis-bisnis yang tidak memiliki kejelasan seperti itu agar nantinya tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu sebagai promosi terselubung.

Internet, 28 Maret 2005

Tertanda,

Syahrani A Rahim

tuh tuh... kan?

3 comments:

Anonymous said...

Masalah bisnis di Internet, sebenernya ndak jauh jauh kaya bisnis di real world, cuman saja tingkat realibilitasnya masih dianggap ‘meragukan’ oleh kebanyakan orang awam...

Orang di dunia maya sebenernya ya bisa kok menghasilkan duit… apakah dengan menjual produk ataupun menyediakan jasa bagi pengguna.. lha kalo ndak menghasilkan duit, kenapa juga orang2 sekarang pada e-commerce?

Yang jadi masalah di negara kita yang tercinta ini kalo masalah nyari duit di internet itu sebenarnya Cuma masalah ‘ trust’ alias kepercayaan… “Situ mau ndak invest duit ke website yahoo.com? “ kalo ada orang yang nanya gitu… dan kalo kamu punya uang.. mau ndak? Lha? Ternyata kita cenderung mikir : “ ke yahoo? .. wah, boleh juga tuh? “ , nah jelas to? Cuma masalah trust!!

Lalu kemaren2 muncul lah Anne Ahira, si wondergirl di Internet business dan marketing, siapa sih dia? Kenapa dia diributin orang? “ sampiyan mau ndak invest di bisnis dia? “ , apa jawaban kita? : “ eit ntar dulu! Aku ora kenal kok?” , Apa sih bedanya si Anne ini sama kalo kita Invest uang di Yahoo.com? TRUST! Sekali lagi TRUST!......

Kita orang indonesia ndak pernah mau belajar untuk percaya.. kita selalu begitu.. meragu, lihatlah masyarakat kita? Pemerintah se solid apapun NDAK pernah dipercaya… ya to? Padahal untuk percaya itu kuncinya sederhana, kalo orang jawa bilang itu : LAKONI.. dengan melakoni, kita belajar, mengerti, dan menjalankan fungsi kita sesuai dengan tujuan kita… ( USAHA )

(*gimana mau percaya kalo orang itu bisa mengambang di air kaya ikan, kalo sampiyan ndak belajar berenang ? )

Red:
Ngomong2 si Anne itu sekarang udah bangkrut? Apa makin kaya ya?... mau tau jawabannya? BELAJAR, MENGERTI, dan USAHA lah untuk tau kaya apa dia sekarang…

Footnote : Anne Ahira! Kamu hebat, kalo iya kamu bener seberhasil apa yang diceritakan orang2 maka aku bilang : SALUT… kalo ternyata Cuma gembar gembor doang : kamu tetep hebat… bisa ngapusi sekian juta orang di Internet, hehehehe!!!

retnanda said...

ini bukan masalah trust tapi masalah itungan. kalau memang secara itungan itu masuk akal why not?
Terus terang... kalau nanti penjelasan yang diberikan oleh si elite team ini masuk akal buat aku... bukan tidak mungkin aku ikut join kok.
siapa sih yang tidak ingin pensiun dini.

Anonymous said...

N21 baik kok sistem'y,
Mnrtku,jalan ato tidak jalan'y dari downline itu tgantung dari diri'y sndri dan upline,
Mengapa sih ada upline ?? y itu fungsi'y bwt menolong para downline2'y

Pesimis sih boleh, tp sampe kpn kita maw pesimis trus ??

Andai kata yah, bkn d MLM deh,
kita di ajak nonton temen film yg paling kita suka, trus kita pake itung2n nih,misal'y ya,waduh klo hujan tp gmn ? trus kl misal'y tiket'y abis gmn ? kan film populer tuh, aduh trus klo. . lalu kalo . . dan klo ?? yah kalo kalo kalo terus dah sampe kapan ????

Kata'y maw sukses dini,ya kerja yg keras dunk,emg uang bisa dapet dari hanya duduk n bdoa aja ?? nda lah,Hidup adalah perbuatan,bukan sikap hanya pesimis2 saja,saya yakin kok 100% klo Amway emg bagus n great,sebab bukti2 itu emg ada

Coba cek d APLI(yg ngurusin MLM indonesia) masuk kok Amway, apakah itu penipuan ?? nda lah,

Tapi klo Anne Hira,Gold Coin,nah itu baru patut dpertanyakan,
sebab klo kita pikir2 lagi scr logika,itung2n bodo2n,ada produk'y nda yg nantiny bisa jadi sebuah uang nyata(Asset),emg bener kita pny downline lagi,tp dari mana ?? cmn muter2 uang doang kan ?? dsuruh join trus bayar mahal bgt bwt bli koin'y

Coba klo Amway,ada produk utk sehari2,dan bagus bgt produk'y

Taw nda klo Amway msuk forbes juga,yg punya Amway,masuk majalah forbes.
Jadi pelajari dg bener2 dan bener2 bgt,ok

Sekian dari saya,bkn mksd'y utk offense,saya pun nd sbrp taw kok,msh blajar,tp saya cmn kasih info aja.klo dterima y syukur,kl nda y,it's olrait,hehe

Thx bgt

Sukses y

GbU