Wednesday, January 25, 2006

Berjilbab ??? Apakah hanya berkerudung??

Tulisan di bawah hanya sekedar wacana. Tanpa bermaksud menyinggung rekan rekan blogger. Jika ada yang tidak berkenan setelah membaca tulisan di bawah ini, saya mohon maaf. Percayalah ini semua mempunyai maksud dan tujuan yang baik.


Deskripsi 1
Suatu sore di trotoar Jl. Cokroaminoto.. deket KERIS Gallery. Seorang perempuan berumur 25 -30 tahun an, berjalan melenggang. Luwes. Berkerudung biru muda. Berbaju dari bahan rajut warna senada. Pas di badan. Enak dilihatnya. Rok bawah biru muda berbahan rajut juga. Bener bener match. Ukuran tubuh proporsional. Sungguh enak dipandang mata. Namun.. eittt! tunggu sebentar, begitu dia berlenggang melewatiku, eh cetakan CD nya terlihat jelas. Plek. Aku jadi malu dan risih melihatnya.
Ah!!! Ndak benar itu. Jadi sedikit kecewa. Hal yang indah tadi jadi ndak indah lagi.


Deskripsi 2
Seorang perempuan, berumur antara 22-25 th an. Body semlohay. Berbaju model kemeja yang tanggung. Bercelana Jean model britney spears. Berkerudung. Paduan warna, boleh juga. Saat ia melambaikan tangan kepada temannya..ssrrrrt.. kok pusernya kelihatan???
wah.. ampun!!!!


Sepertinya harus ada patokan untuk seorang perempuan dalam berbaju muslimah. Apakah berpakaian muslim hanya ditandai dari berkerudung kepala saja? tanpa memperhatikan padu padan bajunya?
Memang sih, dari 100 persen perempuan pemakai baju muslimah di sini, mungkin yang mempunyai gambaran di atas hanya sekitar 5 persen, eit jangan ah... biar lebih bagus.. mungkin hanya 1 atau 2 persennya.
But, jangan lupa... yang sedikit itulah yang sering mencolok mata. Bikin mata kelilipan.

Menurutku, seharusnya ada aturan tidak tertulis untuk para pemakai baju muslim tersebut jika memang sudah berkeputusan akan berbaju muslim.
Atau kalau perlu ada kesepakatan bersama dari mereka, apa yang diperkenankan dan apa yang tidak.

Jadi tujuan semula baju muslim yang seharusnya untuk menutupi aurat jangan jadi menonjolkan aurat (bagi yang 1 - 2 persen diatas tentunya).

Saya memang bukan pengikut mode baju muslim tersebut. Namun sebagai orang yang tiap hari mengamati orang orang yang ada di sekelilingku, boleh kan kalau saya mengajukan pendapat.
Menurut saya, mengambil keputusan untuk berbaju muslim adalah sebuah keputusan yang harus disertai tanggung jawab dan konsekuen dalam segala hal, entah itu penampilan, perilaku, tutur kata, dan pemikiran. Berbaju muslim... tidak hanya sekedar berkerudung saja dan menutup aurat saja. Namun lebih dari itu......

9 comments:

nl said...

padahal dengan berbusana muslim yang baik dan benar pun mereka bisa tetap cantik.
malah lebih cantik..

Goiq said...

beberapa waktu yg lalu sempet ngeliat cewe pake rok panjang dan berkerudung warna merah. rambutnya bener-bener tertutup, bajunya juga lengan panjang. tapi potongan kerahnya kurang naik ke atas sehingga belahan *maaf* dadanya tampak jelas terlihat.

Unknown said...

ehem2 tambah sexy kan justru yangbikin pnasaran yang bgt :D dah ah malahan ngaco commentna salam aja ya Sha..sukses

tukangpot said...

hmm, menurutku lebih baik tidak usah berjilbab klo memang belum siap...

Bunda RaRa said...

bener ret, g kadang suka sebel deh ama yg pake jilbab tapi aurat kemana2..kan jadi rancu buat orang yg gak ngerti. bikin bingung.

Anonymous said...

iya yah sekarang kayaknya lagi musim orang pake kerudung tapi pake baju adeknya yg kelas 4 Sd. jadinya ya mlenuk2 gitu dan klo nunduk dikid kliatan deh pantantnya hehee
-maknyak-
http://serambirumahkita.blogspot.com

Arie said...

Bener Ret..aku sependapat sama kamu bahwa baju muslimah ngak cuman kerudung doaang..

Baju muslimah adalah pakaian muslim yang mampu menutup aurat wanita....

Klo cuman kerudung aja kayaknya ngak susah deh jadi wanita muslimah....

SinceYen said...

Rasanya masih banyak yang mengenakan baju muslim hanya untuk ikut2an saja, jadi tidak siap atau belom siap mental untuk "benar-benar" mengenakan baju muslim yang sepantasnya.

Baju toch hanya penutup, bagaimana dengan "isi" dari si pemakainya? Itu yang paling penting, kan?

Anonymous said...

ya memang mungkin kebanyakan mereka salah persepsi apa yang dimaksud dari akta jilbab tersebut..sebenarnya arti jilbab/hijab itu adalah pakaian longgar yang menutupi seluruh tubuh wanita kecuali muka dan telapak tangan.
jadi pakaian muslimah sebenarnya ya jilbab yang diulurkan sampai ke dada(bukan diikat ke leher :D)
untuk pakaian kainnya tebal dan tidak tembus pandang dan tidak memperlihatkan lekuk2 tubuh.tidak menyerupai pakaian orang kafir..
rasanya sekarang sudah banyak sekali pakaian2 muslimah yang bagus dan cantik tapi tetap bisa memenuhi syarat berhijab/ jilbab itu sendiri
berhijab bagi wanita muslimah hukumnya WAJIB. silahkan baca QS An-Nur 31 ya mbak :D..
terlepas dari siap ato gak siapnya kita..yang jelas itu termasuk perintah Allah.
insyaAllah..dengan kita bisa berhijab dengan rapi hati kita juga bisa dihijab-in..:)

ok salam kenal ya mbak..

wassalaamu`alaykum