Monday, November 26, 2007

BAKMI MBAH MO, CODE , BANTUL

Saya mengenal nama bakmi Mbah Mo ini sudah beberapa tahun yang lalu. Namun saya yang selalu tidak menyempatkan diri mampir ke tempat bakmi tersebut.
Dulu teman saya bilang, ada bakmi enak, tapi jauh nya… di tengah tengah mbulak.. di tengah desa…. Perempatan Bantul belok kanan… terus nanti belok kanan lagi terus.. bla bla bla.. panjang deh petunjuknya….

Nah, selama ini saya kalau ke yogya, ya cuma di yogya aja. Rasanya kok males banget jauh jauh ke bantul hanya dengan satu tujuan, beli bakmi…
Waduh… kok ya kelihatannya ndak penting penting amat ya..

Kemaren, pas saya terjebak di Yogya karena kerjaan, saya sempatkan kabur sejenak, mencari lokasi bakmi Mbah Mo..
Sebenernya juga tidak terlintas tentang bakmi mbah mo ini, kalau saja saya tidak melihat brosur pariwisata di hotel yang menyebutkan tentang keberadaan bakmi mbah mo ini.
Akhirnya, serius pergi ke Bantul dengan tujuan ke tempat bakmi mbah mo…

Dari Yogya, Bantul bias dicapai dengan melewati dua jalan, satu lewat jalan Parangtritis, yang satu lewat Jalan Bantul…
Cukup jauh untuk ukuran Yogyakarta kalau hanya beli bakmi saja kok sampai ke Bantul ya….
Jika lewat Jalan Parangtritis…Sampai ke kota Bantul, setelah melewati pasar Bantul, ada perempatan agak besar, kita belok kiri
Namun jika lewat Jalan Bantul, setelah melewati km 9,5 ada perempatan dengan traffic light, kita belok kanan…

Nah.. di jalan itulah nanti.. ada petunjuk besar bertuliskan BAKMI MBAH MO , Code, Bantul..


Sebelum saya melihat plang tersebut, saya sempat tanya pada beberapa orang Bantul di jalanan , waktu saya tanya tempat bakmi mbah mo, mereka tidak tahu…. Baru setelah saya Tanya nama desa Code, mereka dapat memberikan arah.
Jadi… ternyata orang Bantul sendiri kali tidak tahu nama Bakmi Mbah Mo ya… yang tahu orang luar bantul yang sok mau wisata kuliner…hahaha
(kalau tidak salah ingat, bakmi mbah mo ini pernah masuk di acara kuliner di tv swasta).

Sudah ada plang segede gajah gitu.. tetep saja ndak jelas jalannya…. Karena kita harus melewati sawah dan ladang yang cukup luas…. kalau naik mobil sih.. ya paling 10-15 menit... asal jangan disuruh lari or jalan kaki aja..

Then… nanti petunjuk lagi untuk belok , masuk ke jalan desa lagi..


Bakmi Mbah Mo.. bener bener ada di tengah pedesaan Bantul..

Jangan berharap akan menjumpai warung yang agak lumayan penampilannya….
Warung bakmi mbah mo.. ya memang bener bener warung…
Bangku yang tidak seragam bentuknya.. meja yang besar besar dan tak seragam pula bentuknya..
Kalender dinding yang ditempel semuanya...

Tempat masak bakmi yang walah…. Tradisional banget..
Jadi kita bisa melihat bakmi kita dimasak, dan minuman kita diracik. Jangan harap ada minuman dengan embel embel ES di depannya
Yang ada adalah segala minuman dengan embel embel WEDANG….
Waduh……

Saat saya sampai di sana, …. ternyata… yang parkir mobil mobil bagus dari Yogya dan Jakarta…
Saya hanya berpikir… jangan jangan orang se desa mbah mo ini tidak pernah makan bakmi Mbah Mo ya…….. (siapa tahu to? karena mahal buat kantong penduduk setempat, malah mereka tidak mengenal rasa bakmi Mbah Mo ini)

Harganya tidak begitu mahal kok…4 bakmi dengan tambahan paha ayam dan ati ampela dan dua wedang hanya 52 ribu…
Murah to? Dibanding bakmi kadin yang sekarang lagi mahal mahalnya, setelah masuk acara kuliner di tv.


Dari segi rasa... dua jempol...
uenaaak tenan, buat saya yang biasa menjelajahi warung warung bakmi Jawa baik di Yogya ataupun di Jakarta....
hmmm bumbunya.. pas.. ndak bikin eneg.
apa lagi ya...
ah ya ayamnya ayam kampung... jago bukan ya? kok pahanya panjang panjang... tuh lihat digantung...

satu hal yang buat saya paling sreg adalah.. bakmi kuningnya enak... ndak pake formalin yang pasti... dan... ndak bikin neg juga...
wis... mantappppp !!!

sepertinya kalau harus jauh jauh ke bantul lagi demi makan bakmi godhog nya Mbah Mo ini.. saya bakalan mengangguk dengan cepat...

Ah ya.. satu pesan penting kalau mau beli bakmi Mbah Mo ini...
Paling telat sampai sana jam setengah enam kalau mau dimasakin oleh Mbah Mo sendiri...
soalnya setelah jam 7 malam, yang masak anaknya...
Maklum sudah sepuh.. ndak bisa lama lama...
O ya.. satu tip lagi..

SABAR....
kalau ndak sabar.. jangan beli bakmi Mbah Mo.....
kemarin saja saya antri berapa piring ya..... 10 piring yang dimasak satu satu oleh si mbah Mo .
Jadi semakin malam.. akan semakin lama antrinya.

5 comments:

imgar said...

duh..menggoda banget bakmi nya..
catet ah..
kalo ke yk kta sempetin ke sana..

Anonymous said...

wah.... emang enak bgt tuh bakmi
saya sampe habis 2, satu goreng, satu godog (emang rakus aja kaleeee....!)

Anonymous said...

mas, penunjuk jalan yang anda tulis salah. yang bener dr arah jl bantul belok kiri, bukan kanan

infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

Anonymous said...

Thanks for writing this.