Monday, September 18, 2006

Generasi 3G



Beberapa hari terakhir ini spanduk TELKOMSEL tentang 3 G di tempat tempat tertentu membuat aku ingin lebih tahu tentang makna 3 G tersebut.
Pernah sih baca di tabloid soal 3 G, tp masih belum jelas. Maklum tabloidnya minjem.
Akhirnya, daripada bloon, mending tanya dong ke teman yang lebih tahu urusan informasi dan komunikasi ini.

"3 G itu apa sih maksud sebenarnya?... apakah karena bisa dipakai lihat siaran televisi di HP..makanya ada HP generasi 3 G gitu?"
(pertanyaannya yang ndak teknis banget.. lha wong memang ndak ngerti urusan teknis 3 G)..

then,... inilah hasil pembelajaran soal 3 G dari seorang teman...

1st Generation adalah masa layanan telepon generasi pertama di awal 1980an, Generasi pertama semuanya berbasis pada teknologi analog seperti AMPS (North America), TACS (UK), NMT (Skandinavia), dan J-TACS (Jepang)…. Inget Motorola Star-Tacs?

Lalu muncul kebutuhan untuk meningkatkan bandwidth frekuensi secara lebih efisien. Hal itu melahirkan standar generasi berikutnya (2G), yang seluruhnya berbasis teknologi digital. Sistem standar 2G yang muncul secara global adalah GSM yang menjadi teknologi paling dominan dengan pangsa pasar 74% dunia.

GSM pun terus mengalami penyempurnaan, Sistem penyempurnaan data pertama adalah kemampuan GPRS yang mampu memberi layanan data rata-rata 10-40 Kbps bisa MMS, dan Browsing Internet kemudian muncul EDGE yang dengan kecepatan rata-rata 30-150 Kbps.

Lalu 3G apa? 3G adalah era dimana jaringan telekomunikasi sudah mampu menghantarkan informasi dengan kecepatan transfer 2 MBps. ( bukan Kilo Byte/second )
Makanya bisa ngirim suara dan gambar ( video phone, TV broadcast, Online Music dll )

Dah cukup ngerti?... jadi kalo 3G entar udah umum di Indonesia, ya terpaksa lah kita juga beli Hape 3G, padahal harganya amit2, wong sebenernya kita sukanya Cuma SMSan doang kok…. Ya to? Tapi.. kenapa harus beli? Lha.. Ntar disangka kuperrr lagi… hhhh… jadilah kita korban teknologi 3G.. dan bye bye HP GSM….

Tapi jadi geli juga kemaren.. ada teman yang punya Nokia N 70... entah bisa dipakai 3 G or not.. tp yang pasti kameranya bagus hasilnya... pas aku tanya dia... biasa pake internet lewat hp ndak?... dia jawab... ndak tahu.. ndak pernah coba...
Alamak!!!
Gimana ini.. coba yang punya itu HP aku.. sudah tak pake semua itu fasilitasnya...
lha wong cuma dipakai SMS dan telpon.. ngapain pake yang canggih canggih ya??

1 comment:

nl said...

ponsel ku skrg gak ada kameranya..
setting mms nya jg gak diaktifin..
kuper gak ? :D