Monday, September 25, 2006

Puasa ....... ???? Hayuk!!!

Jam 6 kurang 10 menit sore aku masih dijalan , " wah terlambat buka sampai dirumah deh", sambil menyetir mobil kupandangi jejeran penjual2 makanan dan minuman dadakan yang dikerubungi pembeli di pinggir jalan... semua tampak sibuk, penjual dan pembeli seakan akan terburu2 menjual dan membeli.. hmm maklum udah mau masuk waktunya buka puasa barangkali...

Sejenak dalam pikiranku aku menyusun ulang mosaik2 masa kecilku dan tersenyum... " aku juga dulu begitu.. kalo udah sore menjelang buka puasa. aku selalu siap menunggu bunyi beduk di meja makan, sambil menghadapi makanan dan minuman2 favoritku yang udah kujejer di meja.. semua tampak menyenangkan.."

Itu dulu... Sekarang? di umurku sekarang ini... hmm lapar yang kurasakan hanya sekilas aja kok, mungkin karena aku keseringan puasa kali.. jadi cacing2 diperutku udah males protes biarpun mereka kelaparan, hahaha...
Kebanyakan temenku di kantor sih macem2 gayanya : ada yang kayanya lemeees banget berpuasa ini, ada yang bermuka masam, atau terkantuk2 di meja kerjanya...dan ada yang jadi pusing akut..

Sambil tetap memperhatikan orang2 yang bergegas pulang untuk berbuka puasa dari balik jendela kaca mobilku.. aku berfikir : Apa ya sebenernya makna puasa buat mereka? Kok sampe sedemikian mengubah ritual hariannya? Apakah rasa pengen pulang supaya bisa buka puasa dirumah? apa 'moment' buka puasanya? atau 'rasa' laparnya? atau apa?
....
Sebenarnya apa makna puasa di bulan Ramadhan ini?
Sejujurnya buat orang Jawa seperti aku yang sedikit banyak masih melakukan hal hal yang bersifat kejawen, buatku puasa di bulan ramadhan ini.. tidak ada bedanya dengan puasa puasa senin kamis yang biasa aku lakukan di hari hari lain, atau puasa weton, atau puasa puasa lainnya.
Biasa saja buat aku...
Jadi ndak begitu spesial lah......event bulan Ramadhan ini..
Karena "laku puasa" itu adalah suatu yang seharusnya kita lakukan secara rutin dan ikhlas tanpa mengharapkan apapun dari Nya... dalam rangka mempersembahkan sesuatu dan menunjukkan keyakinan kepada Yang Maha Segalanya. Gusti Allah sing murbeng dumedi...
...
Hmm...
Bagaimanapun... bulan ramadhan ini memang jadi bulan dadakan....maksudku.. mendadak jadi alim, mendadak jadi dermawan,.... mendadak jadi... terlihat muslim
Untunglah.. masih ada bulan yang membuat orang jadi mendadak baik dalam segalanya.. walaupun masih ada yang cuma kamuflase belaka biar disorot dan diberitakan jadi orang yang paling sholeh di dunia...
tapi ndak papa lah.. daripada ndak sama sekali...
ya ndak....???
..

No comments: