Saturday, June 21, 2008

Baju Muslim Lengkap

Salah satu teman terbaik saya akan ber-umroh akhir bulan ini. Saya, sebagai salah satu sahabat baiknya tentu saja mensupport apa yang akan dilakukannya.
Nah, kemarin dalam rangka kegiatan yang berkaitan dengan Umroh tersebut, saya menemani dia mencari berbagai kelengkapan yang akan dipakai untuk umroh.
Tiba tiba dia menunjukkan satu sms dari agen perjalanan umrohnya ...isinya..:
"Besok tanggal..xxx diharap datang di xxx untuk manasik haji dengan memakai busana muslim lengkap".
Dengan bingungnya dia bertanya... apa sih yang dimaksud dengan busana muslim lengkap...
Lah... saya kok ditanyain hal seperti itu...
mmmm... saya jawab.. mungkin baju muslim pake jilbab kali ....
kemudian dia menangkis.. ah.. yang namanya baju muslim kan mesti pake jilbab..
...
saya berpikir lagi dan kemudian saya berkata.. oh.. mungkin kalau baju muslim lengkap itu.. pake jilbab yang serius... kan soalnya kan ada orang pake jilbab yang ndak serius, atau ada juga orang yang pake kerudung cuma disampirkan di bahu aja....kayak pasmina itu... lah kan pasmina itu bukan kerudung dan bukan jilbab... ya kan?
..
kemudian teman saya, masih dengan wajah bingungnya.. tetep bingung.. dengan apa yang dimaksud busana muslim lengkap
..
Lah... jadilah saya.. sekarang jadi ikutan bingung.. karena jika ada konsep "baju muslim lengkap".. berarti ada juga konsep "baju muslim tidak lengkap".
..
Jadi.... entahlah...
Biar aja... yang bingung biar temen saya yang mau umroh aja..
Saya.. mah.. cukup punya kerudung satu.. warna hitam aja.. biar fleksibel..untuk segala cuaca
..
Sebenarnya kalau mau fair... perempuan berkerudung kan bukan dominasi perempuan muslim saja sebenarnya. Di belahan bumi sebelah sana (Jazirah Arab, dan Asia Barat) ada banyak baju perempuan setempat yang memakai pelengkap kerudung (alias tutup kepala) sebagai baju adatnya.
Ya kan???
Jadi memang sepertinya.. definisi baju muslim untuk orang Indonesia harus di re-definisikan. Sepertinya jadi sumir sekarang ini.

4 comments:

astrid savitri said...

iya ya.. gimana to busana muslim tak lengkap itu??

apa pakai kerudung tapi gak pakai bawahan apa gimana ya...ikutan bingung deh!

Anonymous said...

di paragraf terakhir, "Jadi memang sepertinya.. definisi baju muslim untuk orang Indonesia harus di re-definisikan. Sepertinya jadi sumir sekarang ini." --> menurutku kalo yang namanya baju muslim yang kaitannya menutup aurat sesuai syariat islam harusnya sama. toh aturannya di dalam al quran sudah jelas.

kalau tentang baju muslim dalam kaitannya dg fashion, barulah bisa berbeda-beda. adat, trend dan bahkan teknologi ikut berpengaruh. juga selera..

Anonymous said...

pengen ikutan komen, nih..
menurut saya, setuju dg imgar, baju muslim itu baju yang dipakai seorang muslim (yang mengikuti aturan menutup aurat sesuai syariat islam). kenapa ada embel2 "lengkap", menurut saya kadang orang pakai baju sesuka hati. misal asal pake bawahan panjang (kadang cm 3/4) dan atasan panjang, krah bentuk shanghai, rambut msh kelihatan atau cm pakai kerpus, sdh dibilang berbaju muslim. kadang bajunya jg msh agak transparan.
jadi mungkin biar singkat aja, koordinatornya kasih embel2 "lengkap".
biar gak keliru, ada baiknya kita baca Qur'an. biar kita bisa pake baju muslim yang "komplit"
Salam..

etty said...

Kepercayaan & agama seseorang mustinya diperlakukan sbg sesuatu yg sifatnya pribadi & rahasia. Bagaimana tata cara - ritual berdoa, berkomunikasi & menyembah Tuhannya, seharusnya tdk perlu diperlihatkan kpd org lain. Tidak ada gunanya. Itu urusan masing2 orang dg Tuhannya.

Jadi, tidak perlu juga mengekspresikannya melalui pakaian. Pakaian muslim, pakaian budha, pakaian kristen, tidak perlu ada. Sedemikian banyak pertumpahan darah di muka bumi ini terjadi krn perbedaan agama. Bahkan sesama muslim pun saling membunuh. Mau sampai kapan hal itu akan terjadi?

Baju untuk berhaji akan lebih tepat disebut sbg baju haji, sama halnya baju untuk berenang disebut baju renang, & baju untuk berpesta disebut baju pesta.