Thursday, June 05, 2008

Minyak tanah, Gas, BBM, Listrik....Air!!!!

Ada banyak hal yang membuat kita, manusia modern (katanya!!!!) jadi orang yang sangat tergantung pada sumber sumber energi yang dapat habis di bumi ini.

Coba, kita lihat, minyak tanah... harga naik.. antrian.. tambah panjang....
BBM, sempet jadi masalah yang menimbulkan tindakan kerusuhan beberapa waktu lalu...
Listrik, sempat dibikin giliran nyalanya, bahkan pada beberapa tempat masih memakai sistem giliran seperti itu. Pernah pengalaman saya di Palangka, juga begitu, mulai jam 5 sore sampai sekitar jam 9 or 10 malam, listrik digilir masing masing wilayah. Jadi saat kita ada pekerjaan yang berurusan dengan mesin foto copy, kita harus tahu, area mana yang saat ini dapat giliran padam listriknya.
Air....... jangan tanya deh. Ini masalah yang klasik. Saat musim hujan kebanjiran. Saat musim panas kekeringan, bahkan sampai berkilo kilo meter orang harus mengambil air bersih yang layak konsumsi.

Gas??? walah. Ini juga sekarang jadi masalah. Konversi ya konversi dari minyak tanah ke gas, namun karena banyak masyarakat yang belum terbiasa dengan bahan bakar tersebut, yang ada beberapa kali timbul kecelakaan karena ledakan tabung gas.
Yang anehnya, hanya terjadi pada rakyat kecil yang baru seneng senengnya menikmati tabung gas baru.
Sekarang ini, gas susah didapat. Mau buktinya??? Saya sendiri mengalaminya. Beberapa hari lalu, saya sempet pecicilan cari gas. Kebetulan hanya punya satu tabung gas, dari dulu mau beli satu tabung gas lagi untuk cadangan, ndak kebeli beli...(hehehe...)
Akhirnya, saat satu tabung gas habis, kebingungan lah. Bingung bingung banget sih ndak, masih ada solusi lain, bisa juga kita masak pake listrik. Namun kan ya bisa amburadul ntar tagihan listriknya. Pake kompor minyak tanah?? Lah wong tetangga depan kompleks aja cari minyak tanah sampai jauuuuuuuuuuuh..... Mana harus beli kompor minyak tanah dulu lagi. Boros.
Beberapa tempat agen gas yang ada di list telepon saya, semua bilang stok habis. Alasannya supply dibatasi, jadi saya yang sudah masuk waiting list sejak sehari sebelumnya tetep aja ndak dapat gas pd hari berikutnya saat mereka dapat supply karena satu agen hanya dapat 10 tabung gas, sementara yang antri buanyak. Pake kayu bakar??? bisa bisa pemadam kebakaran yang datang, karena dipikir ada kebakaran di kompleks.
Walah.. inilah nasib rakyat kecil. Cuma disuruh ngalah aja.
Naik naik.... tp tetep aja disuruh antri antri...........


Ya udah.. biarin aja. Memangnya kalau ndak ada gas kita ndak bisa hidup.
Tetep aja hidup jalan terus kan?

Jadi, kita memang harus mengembangkan sumber energi alternatif. Dapat dibayangkan jika semua sumber energi yang dapat habis itu bener bener habis. Kita mau bilang apa????? Ya habis jugalah kita.

Jadi Let s Go Green !!!!!!

* endingnya ndak nyambung ya??? biarin lah.