Saturday, June 14, 2008

Suatu akhir minggu di Yogyakarta

Week end lalu, saya ke Yogya dengan tujuan khusus... kembali ke tahun 1986. Bersama teman seangkatan waktu kuliah dulu, saya jalan bareng ke yogya naik kereta.
Begitu turun di Stasiun Tugu, cari soto depan stasiun. Katanya sih.. lumayan.... tp kata saya sih... jauh dari lumayan.
Begitu begitu aja... masih jauh dari soto kadipiro jauh banget malahan...
Namun, yang namanya perut, kalau laper ya apa aja enak lah...
All 5 girls... sudah senyam senyum, pdh jelas jelas belum kena air....
Oh ya, di yogya sekarang ada Trans Jogja. Lumayan. Jadi begitu keluar dari Stasiun Tugu, tidak usah bingung cari taksi yang tarifnya kebanyakan ngawur itu.
Saya berpisah dengan ke 4 teman, karena mereka menuju arah Monjali... jadi saya putuskan naik trans Jogja aja... sambil sekalian mencoba.

Halte pemberhentiannya lumayan. Busnya? Boleh juga. Apalagi.. tarifnya hanya Rp.3.000,-
Bayangkan bila saya naik taksi.. bisa bisa dikenai puluhan ribu rupiah, tanpa kejelasan argo meter lagi.
Not so bad lah... naik trans Jogja..

Dan... uniknya.. dari beberapa orang jogja yang saya temui... ternyata.. tidak seorangpun pernah naik trans Jogja...
Di dalam bus??? alamak. Dinginnya amit amit.Mana masih pagi hari lagi...
Dari depan Stasiun Tugu, sampai pemberhentian di Kota Gede, saya hanya bertemu 3 orang penumpang. Padahal.. liat aja..interior nya lumayan kan?
====
Acara di Yogya, saya awali dengan menghadiri resepsi teman seangkatan waktu kuliah dulu saya. Sendirian, dengan harapan bertemu temen-temen lain seangkatan di acara tersebut.
Saat masuk ruang resepsi dari pintu belakang.. (iya habis pintu depan dipakai acara adat), saya disambut Miss Piggy.


Hallo.. Miss Piggy... nice to see you....


Terus terang, seumur hidup saya yang sudah 40 tahun ini, saya tidak pernah diundang ke acara resepsi pernikahan orang Batak. Kalau orang Padang, Sunda, dan tentu saja Jawa deles ya sering. Jadi kemarin kali pertama saya hadir pada acara pernikahan adat Batak.
Seru juga, karena ramai banget suaranya. Mana lama banget....
Saya sempat diberi pesan untuk datang on time, karena begitu lewat dari jam undangan, saya bakalan tidak bisa memberi selamat kepada pengantin, karena acara adatnya lama.
Benar juga. Dari saat saya datang, di pintu masuk utama, masih berlangsung acara adat, sampai.. entah berapa lama. Disamping itu, interior ruangan resepsi juga sudah diatur sesuai dengan aturan adat, sebelah kiri hula hula.... sebelah kanan hula hula.. dan sebelah belakang tulang...


Interior ruang resepsi

Dan.. selanjutnya

Acara inti dari perjalanan saya ke yogyakarta...
====

Reuni dengan teman seangkatan waktu kuliah di Yogya dulu...

Senang...banget.. ketemu temen temen ... apalagi ada yang lebih dari 20 tahun tidak pernah sua. Seru sekali. Dan seperti biasa, karena sudah pada jadi orang tua, yang berubah adalah ukuran dan bentuk tubuh. Sudah berubah semua.... Tidak ada perbedaan status di acara ini. Mau yang tetep eksis di bidang studi, ataupun yang jadi desertir dari bidang studi, bahkan yang jadi wiraswasta. Yang terlihat hanyalah, we are in the same corps like we were in 1986. Dari 46 mahasiswa dalam satu kelas dulu, yang hadir confirm 35 an dan yang hadir 25 orang.. not so bad lah.. more than 50%.

Saya dan teman teman jurusan arkeologi ugm tahun 1986,

gambar di atas entah tahun 1986 or 1987 saat diambilnya gambar ini.

Eks mahasiswa jurusan arkeologi fakultas sastra UGM tahun 1986 di tahun 2008. Banyak desertir di sini.

Satu lagi kenangan yang saya ingin bagi disini adalah, foto berikut ini, gambar saya dan sahabat baik saya, yang di atas diambil minggu lalu, dan yang bawah diambil tahun 1986 akhir...Dulu... dia temen saya kluyuran setelah selesai kuliah, temen nonton film, teman curhat, teman main marching band, dan temen paling ayu di kelas.

Sengaja ambil pose foto dengan posisi yang sama seperti foto lama.

Saya dan sahabat saya dulu.. dan sekarang.


Pasti ada yang menyangka.. hare geneee.. reuni an..? Pdh.. itu semua ndak direncanakan dengan ndakik ndakik ... di milis satu bulan lalu ada kabar salah satu teman mau married, then, langsung event tersebut diambil sebagai event ketemuan setelah lamo tidak basuo. Gila.. almost 20 tahun lho. Dan.. ternyata.. tidak ada yang berubah. Teman yang dulu seru.. tetap aja masih seru... teman yang dulu kalempit lempit.. tetap aja masih sama..

Yang berbeda hanya satu.. semua sekarang sudah berumur more than 40!!!








5 comments:

ika rahutami said...

itu temen2 s1mu ya ret...
seru banget...sengaja bikin kawos item2. kerenn. yang foto jadul, kayak elly putranti. diakah itu?

debbie said...

seru amat bisa nostalgila seperti itu
Dan oh...ttg pernikahan adat batak, kalo mo nurutin adat, bisa semaleman suntuk tuh...hihihi....maklum ...pengalaman pribadi :)

Anonymous said...

hua..reunian selalu seru..
btw, jadi pengen ke jokja.. :p bulan dpn gitu ? mmm..

SinceYen said...

Doohh.. kapan ya aku bisa reunian dengan temen2 kampus dulu? kangen eh..

astrid savitri said...

Lhoooo...

Ke Jogja kok gak bilang-bilang, mbak??? oalah..