Friday, July 21, 2006

Liberate yourself

Kebanyakan dari kita dalam kesibukan kerja dan kehidupan ini secara tak langsung menjalankan kehidupan dengan cara repetitif, kita melakukan hal yang sama dari hari ke hari, seperti sebuah mesin, terikat secara virtual kepada model Newtonian. Bahkan kalau lebih dicermati ternyata semenjak awal kita telah mencemplungkan anak-anak kita pada media dan sistem pendidikan yang berada dalam dunia repetitif yang sempit!.

Keterikatan akan keteraturan yang repetitif itulah yang kemudian secara psikologis akhirnya menekan cara kita berfikir bebas dan kritis didalam kehidupan ini, ia melahirkan rasa : takut berbeda dari yang lain, atau dikucilkan oleh yang lain… dan semakin terikatlah kita dalam keteraturan itu, padahal, semakin longgar ikatan keteraturan yang repetitif itu pada diri seseorang, semakin bebaslah orang itu, dengan kata lain ternyata kebebasan lebih memberikan kualitas hidup yang lebih baik!

Is that so? Coba kita pikir : kebebasan memberikan kita pilihan, setidaknya kesempatan untuk memilih alternatif, kebebasan juga memberikan kelonggaran dalam mengcounter informasi yang salah, untuk menantang cara pandang lain yang berbeda... Kebebasan (*tentu saja sampai pada tahap tertentu) memberikan kemungkinan untuk meningkatkan kualitas berfikir, bertindak dan kualitas menikmati kehidupan dengan cara yang lebih baik, So… seperti judul yang aku tulis diatas… BEBASKAN dirimu sendiri!....

No comments: