Friday, July 14, 2006

YUK KE KADIPIRO!!!!


Warung soto ini mungkin umurnya lebih tua dari diriku. Sudah lama warung soto ini jadi tempat sarapan atau makan siang kala aku masih tinggal di kota Yogya.
Saat kemarin mencoba menapak rasa nya kembali, ternyata tidak ada yang berubah. Bahkan interior warungnya pun tidak berubah.
Satu angkringan soto yang dikelilingi bangku panjang. Dan beberapa buah meja lain dengan bangku bangku yang mengelilingi masing masing meja. Sumpeg. Tetep aja.
Tapi itu yang bikin nostalgi hadir kembali.
Dindingnya penuh dengan kalender dari berbagai macam toko yang menutupi hampir ke seluruh dindingnya.
Ada lukisan penjual soto dalam angkringan yang tetap terpasang sejak hampir 25 tahun aku mulai mengenal dan menjadi pelanggan warung soto ini.

Yuk ke kadipiro!! Begitu aku dan rekan rekanku dulu biasanya kalau mau nyoto ke warung soto kadipiro ini.
Walaupun sekarang .. di seberang tempat ini terdapat warung soto kadipiro II… (entah itu cabangnya atau bukan, tapi mungkin cabangnya..mengingat kalau hari hari libur warung soto ini sering tidak dapat menampung pengunjung) dengan kondisi tempat yang lebih bagus dari warung ini… Aku tetap memilih warung soto yang lama ini dibanding warung yang baru tersebut.

Soto Kadipiro ini soto ayam. Tidak pakai santan, kuah berwarna kuning, tp agak buteg, mungkin ada kemiri dalam bumbunya. Isinya terdiri dari nasi (tentu saja kalau pesan yang pisah, nasinya dipisah, tp kok aku lebih sreg kalau soto campur ya), kol, tomat, ayam suwiran, irisan tomat, dan yang khas adalah ada potongan perkedel kentang. Kadang kadang,jika ingin tambahan lauk, kita bisa pesan jerohan (ati ampela) yang dipotong potong diberi kecap dan bawang goreng.
Rasanya? sedaaap

Dimanapun.. tak ada yang dapat menyaingi rasa soto kadipiro yang satu ini.

Note: Soto Kadipiro tidak membuka cabang di luar Jakarta (begitu tulisan yang terpasang di dalam warung ini)

4 comments:

Anonymous said...

soto apa seh ? soto daging ? soto ayam ? soto ... aku suka soto ayammmm ada gak ??

SinceYen said...

Ayooo!!! Kapan?

Anonymous said...

emang enak banget yah? blm pernah coba sih. kuah bening or santan? ayam or daging? *banyak nanya!*

nl said...

di mana..di mana..?
jadi pengen nyoba..