Monday, July 24, 2006

SEHARI TANPA TELEVISI

Berhasil!!!

Kemaren kan demo Sehari tanpa TV.... tentu saja sehubungan dengan Hari Anak Nasional.
Sebagai Ibu yang mempunyai 3 orang anak, tentu saja saya sangat mendukung acara tersebut, karena saya menyadari bagaimana dampak berbagai macam acara televisi buat anak anak.
Dampak positif, banyak!
Dampak negatif? banyak juga.

Nah.. sehubungan dengan acara kemaren, anak anak malam sebelumnya sudah saya wanti wanti bahwa besok (Minggu, 23 Juli 2006) adalah hari tanpa televisi.
Yang sulung nanya," Ibu tahu dari mana?"... Saya kemudian menunjukkan satu acara demo di Bundaran HI yang fotonya terpampang rada gede di harian Kompas Sabtu, tanggal 22 Juli 2006.
Akhirnya si sulung bisa menerima.

Pagi-pagi hari Minggu, seperti biasanya.. mereka bermain sepeda di kompleks.. muter muter... tiba tiba si sulung mbalik ke rumah dan langsung laporan..."Bu, kok itu ada yang nyetel tv sih?"
Hehehe.. saya hanya menjawab," Orangnya ndak baca koran kali kemaren".

Sejujurnya, urusan televisi ini memang gampang gampang susah.
Kalau jaman kita kecil dulu mah gampang.... stasiun televisi cuma satu TVRI dan startnya aja sore hari... itupun acaranya anak anak cuma sebentar. (Inget ndak??!!)
Nah. untuk membuat anak anak berpaling televisi pada masa tersebut sangat gampang.
Urusan belajar rasanya lebih gampang, tidak ada hal hal yang mengganggu.
Dan jika liburan sekolah, kebanyakan kita mencari kegiatan bersama teman teman sebaya kita.
Saya ingat sekali, dulu pas SD, kalau liburan biasanya, langsung jalan dengan kelompok kecil, ke lapangan, ke kebun (punya orang), main sepeda, main layang-layang dan hal hal lain yang menyenangkan di luar rumah.
Sekarang??.. Kalau liburan tiba, acara di televisi penuh dengan acara anak anak di pagi sampai siang hari...
Atau kalau tidak nonton televisi.. paling banter main game di komputer.
Bagus sih bagus... tapi... kan jadi tidak ada aktivitas fisik....

Sebagai seorang Ibu, saya ingin anak anak mendapatkan perkembangan yang bagus untuk urusan bermain ini. Makanya saya pasti langsung meng iya kan jika mereka minta ijin main sepeda, main bola, main layang layang atau main apapun di lapangan kompleks.
Senang kalau mereka masih punya kesempatan untuk beraktivitas secara fisik...(tanpa biaya tentunya)

Mengingat, jaman sekarang di kota Jakarta, dan di kota kota lainnya, sangat sulit mendapatkan tempat lapang untuk bermain anak anak.

Namun, tentu saja kita tidak dapat menafikkan urusan pertelevisian ini, karena bagaimanapun banyak dampak positif dari acara acara televisi, jika kita dapat memilih dan memilahnya untuk anak anak kita. Apalagi era nya sekarang kan sudah era globalisasi... jadi urusan komunikasi ini.. memang harus membuat kita lebih smart dalam mendidik dan mengarahkan anak anak dalam melihat acara acara di televisi.

4 comments:

igouw said...

gimana kalo di combine? lari2 dilapangan sambil nonton TV? di Hape apa TV Portable? whahahahahaha.....

nl said...

wah, aku gak tau..
tau begitu aku ikutan juga..sehari tanpa tv..!!

lagi sebel juga nih, rebutan remote tv terus dg kponakan.

akhirnya : GLOBAL TV yang TIDAK mendidik itu kami hapus dari TV di rumah kami..!!

kodokijo said...

Wah sehari tanpa TV ? kayaknya gak deh, kurang populer... :)
Maaf beda pendapat boleh khan Mbak ?

Anonymous said...

kalo aku gagal, soalnya anak ku yang berumur 1 tahun ngerengek mau nonton spongebob