Wednesday, March 25, 2009

Ke pengajian ibu ibu yuk!!!!

Di lingkungan tempat tinggal saya, sudah ada pengajian ibu-ibu. Menurut tetangga yang ikut kegiatan tersebut, katanya sudah dua tahun umurnya. Namun pesertanya ya itu itu aja, ndak nambah nambah.

Saya sendiri tidak begitu tertarik untuk ikut, untuk satu alasan dan lain hal.
Setahun ini, entah sudah beberapa orang mengundang saya untuk join perkumpulan tersebut. Dan beberapa kali pula saya beri alasan untuk tidak menghadirinya.
Ndilalah, kersaning Allah, juga beberapa kali pas diajak, saya selalu ada acara pas hari Jumat malem. Biasa....

Nah, akhirnya Jumat kemarin, ndak bisa berkelit, karena tetangga yang paling baik dengan saya, malem malem langsung datang dan mengajak. Walah...!! bener bener ndak bisa nolak. Ndak etis juga kalau nolak. Wong jelas jelas saya di rumah gitu.

Akhirnya, saya ikut lah, namun saya bilang ke tetangga yang mengajak, bahwa saya akan lihat lihat dulu, bagaimana model pengajiannya, jadi ndak janji akan setuju bergabung.

Kebetulan malam itu pembahasan tafsir surat al baqarah ayat 249 - ... (memang modelnya pembahasan tafsir alquran ayat per ayat)..
Selesai kan?... ada pertanyaan??? ada..
tak pikir yang muncul adalah pertanyaan soal topik tersebut...
dalam hati saya pikir, wah seru ini kalau model gini, bisa diskusi tiap pertemuan dengan berbeda topik... karena tiap ketemu kan ayat yang dibahas beda beda pastinya..

eh.....lha kok yang muncul adalah pertanyaan tentang menutup aurat...??? ada tiga orang ibu ibu.. kok tanyanya sama semua... tentang aurat, tentang aurat dan tentang aurat...
hayah..!!! jauh panggang dari api...

Dan... saya cuma diem aja mendengar ibu ibu pada ribut soal menutup aurat...
habis.. tak pikir dari sebelas orang hadir plus saya, 9 orang berjilbab... dua orang tidak berjilbab, yaitu satu laki laki ... dan satunya saya..

inti pertanyaannya berhubungan dengan poin:
menutup aurat = surga
terlihat aurat = neraka..
dengan bermacam tipe pertanyaannya yang berintikan pahala dan dosa yang berhubungan dengan aurat.. dan endingnya masuk neraka or masuk sorga....!!!

Saya yang jelas jelas satu satunya orang yang tidak berjilbab, sama sekali cuek dengan pertanyaan mereka. Ndak ngaruh lagi ke saya urusan seperti itu.... mau dibilang ndak menutup aurat masuk neraka ya silakan...
Wong.. walaupun sekarang banyak orang menutup aurat... tp juga penonjolan auratnya juga kenceng.....
sama aja bohong!

Sebenarnya, ndak usah ikut pengajian gitu.., tp banyak membaca buku-buku, kita dapat memperoleh banyak hal, yang lebih dalam dan lebih bermakna... dan lebih jelas...
Ada aksi reaksi yang saling tanggap jika kita rajin meng eksplore buku buku ke agama an... entah agama apapun itu....

Sebenernya saya berharap banyak terhadap satu kelompok pengajian dengan model pembahasan tafsir al qur an begitu...
Akan banyak input dan output yang dihasilkan dari diskusi base on topik per topik.
hmmm...

and now, what I think is..
Kalau saja saya ndak inget nasihat si mr indigo yang memaksa saya spy mau mencoba ikut pengajian tersebut, dengan wejangannya bahwa dalam kaitannya dengan kegiatan pengajian itu... ada terkandung dua hal.. selain urusannya dengan hablumminallah... tp ada habluminannaas.. (**maaf kalau tulisannya salah..)
so, hubungan antara manusia.... itu penting...
biar ndak jadi orang AUTIS di lingkungan kompleks.. makanya saya ikutan lah..
walaupun dengan sedikit terpaksa..

Ingat bahwa pada dasarnya kita ini hidup sendirian. Jauh dari orang tua, jauh dari saudara kandung, jauh dari sepupu..
Semua yang tinggal di sekeliling kita adalah orang lain..
Jadi... kalau ndak baik dengan lingkungan tempat tinggal kita, apa yang akan terjadi nanti....

Walaupun teman kita di facebook ratusan jumlahnya.. tp... kalau ndak kenal dengan tetangga kompleks... kita bisa apa???? Sama aja boong kan???

Jadi bener bener autis deh... spt temen temen yang kumpul dalam satu meja panjang tp.. pegang blackberry masing masing... yang ada... kumpulan di satu meja.. tp masing masing asik dengan gadget nya sendiri..
ndak inget tujuan kumpul kumpul itu apa...

Then,...... what next?
Kita lihat minggu ini..... apakah masih akan ada yang dapat mendorong saya mengikuti kegiatan pengajian ibu-ibu tersebut. Wait and see.. tergantung yang mendorong ini, seberapa kuatnya...

3 comments:

Anonymous said...

tak dorong ahh, ayooo bu, ngaji, ngaji. datange niatken nyari swargo, mulehe intuk opo ya ra ngerti, hehehe...

iya, kadang baca tafsir di rumah lebih bernas. kadang, pengajian menjadi ajang untuk merasa lebih beriman daripada orang lain, merasa lebih pantas masuk surga, hahaha...

Anonymous said...

Kalo boleh aku bilang...sekarang yang lagi nge-trend adlh mode AA (Arab Amerika)...kepala pake kerudung (Arab) tapi juga pake celana jeans ketat, kaos lengan panjang ketat jua (Amerika). Ya gitu dech...

ika rahutami said...

Niek...
aku nggak komen ah...
takut salah..
tapi kalo menurutku, ketika kita datang ke pertemuan apa pun.. andai kita bisa pulang dengan kejernihan, dan merasa adem... maka itu akan indah..
kejernihan dan adem itu didapat dari dalam hati... bukan hanya sesuatu yang kadang "artificial" agar kita tetep diterima dikelompok yang sama.