Thursday, March 12, 2009

Memasak bagi anak, bukan hal yang berbahaya.

Semenjak anak anak saya berusia 7 tahun, saya sudah membiarkan mereka berada di sekitar saya saat saya di dapur. Mau membantu dalam bentuk apapun saya biarkan. Deket deket kompor juga oke oke aja. Bahkan saya ajari mereka menyalakan kompor dengan benar. Tidak pernah saya larang jika mereka ingin membantu menyalakan kompor saat saya memasak.

Saat mereka ingin memasak sendiri entah itu telur dadar, atau telur mata sapi saya dampingi dan saya arahkan bagaimana yang aman.
Bahkan mau bikin indomie sendiri pake telur juga saya ajari, buang air bekas rebusan mi, kuah mi pake air termos.
Sekarang saat si bontot juga sudah bisa masak telur sendiri, bahkan bikin pancake sendiri... sesuai resep standard.

alangkah indahnya hidup ini..
hahahha... tidak direwelin anak anak.....

Entah saya ini ibu yang males.. atau ibu yang senang anaknya bisa melakukan apa apa sendiri??
wakakakak... kelihatannya perpaduan dua duanya.
yang pasti.... mereka sekarang tidak pernah ribut jika pengin makan telur or mi???
Si bontot bisa bikin pancake sendiri, tanpa salah.
Si tengah masak air sendiri jika ingin mandi air hangat.
Si sulung.. nggoreng nuget dan csnya sendiri..

Jadi... ternyata kita sebagai ibu, tidak perlu melarang mereka jika ingin melakukan kegiatan di dapur. Diajari yang aman, diarahkan, didampingi... itu lebih memberikan keuntungan baik untuk mereka maupun bagi ibu, daripada dilarang deket deket kompor.

Akhirnya,... lega.. jika suatu hari si mbak ndak ada lagi.... semua dapat dikendalikan.
Asalkan semua bahan lengkap ada di dapur...

No comments: