Friday, April 29, 2005

Jabatan tangan?... NO way!!!

Paling sebel kalau dengan semangat empat lima kita mengajukan tangan kita untuk bersalaman dengan seseorang, namun dia hanya mengatupkan kedua belah tangannya di depan dada. Alias tidak mau diajak bersalaman.
Kalau evennya pas pengajian or what ever lah yang berbau bau religius gitu aku sudah siap mental untuk menerima hal hal seperti itu.

Namun kalau evennya yang seperti ini, semacam ramah tamah antara alumni dan adik adik angkatannya yang sekarang masih kuliah, ya rada rada kaget juga aku kalau tiba tiba ada yang tidak mau diajak bersalaman.
Yang ada kan anehnya gini…. Misalnya kita berdiri berjajaran dalam posisi memberikan selamat datang or selamat jalan kepada adik adik itu.. otomatis tangan ini kan selalu maju untuk bersalaman dengan orang yang ada didepan kita. Namun, pas gilirannya ketemu orang yang ndak mau diajak salaman oleh orang yang berbeda jenis kelamin… kan jadi.. spt mobil kebablasan yang ndak bisa direm..eh..ternyata yang didepan kita cuma begitu aja. Jadi malu hati deh.
Rasanya, aneh aja.. di lingkungan unit marching band yang biasanya orang-orangnya begitu terbuka, familiar, ramah tanpa batas, tiba tiba ada yang begitu itu.

Sometime aku merasa… apakah persentuhan orang berbeda jenis kelamin itu benar benar dilarang bagi sekelompok orang tersebut. memang ada efeknya kalau bersalaman dengan orang lain jenis? Buat aku ndak ada efeknya tuh. Kecuali bersalaman dengan orang orang yang berpenyakit menular baru itu ada efeknya.
Kesel deh. Padahal dari bersalaman itu kadang kita bisa mengungkapkan pernghargaan kita kepada orang yang kita ajak bersalaman. Misalnya: dalam pertemuan bisnis; atau ungkapan senang karena bisa bertemu lagi dengan teman lama. Ataupun ungkapan ungkapan lain yang bisa tercermin dari cara kita bersalaman.

Jadi sebenernya tidak ada alasan kuat lho untuk orang menampik ajakan bersalaman dari orang lain. Whatever the reason!!!

2 comments:

Anonymous said...

terkadang memang susah menghadapi org semacam itu. saya sendiri kalo sama cewe sih maklum aja.. eh, yg kurang ajar nih yang sesama jenis. masa sih kita ngajak salaman dia malah dekapin tangan di dekat dagu? itu ajaran agama Islam versi mana? :(

kalo disebut radikal nggak juga sebenarnya org2 begini. kesalahannya (di mata kita mungkin :)) karena mereka di depan umum melakukan hal begini. jadi, kepercayaannya berimbas pada "menurunkan penghargaan" terhadap org lain. itu yg saya nggak setuju juga.

anehnya.. tipe begini, menurut saya mungkin ya, kok berkembang di lingkungan muslim modern? di lingkungan tradisional (saya dari pesantren tradisional dulunya di Aceh ini) kok nggak ada hal yang kayak gini? berlainan jenis ada memang, tapi yang sesama jenis? :(

perlu dikasih rujukan lagi utk menghargai niat lawan bicara mungkin... :)

naanaaa said...

saya tuh pernah loh digituin, ampe malu deh,
padahal temannya dia yang berlawanan jenis, seagama ama dia, biasa aja salaman ama saya, tapi gpp, itu jadi pelajaran buat sayanya.

terus lagi waktu kita dikenalin, saya enggak tau bahwa dia penganut salaman yang seperti itu, saya udah nyodorin tangan, eh kayak nangkep angin gitu, padahal saya nih ndak punya niatan apa apa loh, cuman salaman ajah, tapi ya udah, kita emang harus ngertiin mereka.