Thursday, June 16, 2005

Wah,... enak sekali bu..

Seperti biasanya, sarapan di dalam mobil adalah hal yang rutin dilakukan si sulung dalam perjalanannya ke sekolah. Maklumlah, Jakarta mengharuskan penghuninya berkejaran dengan waktu. Sehingga tempat sarapanpun berpindah di dalam mobil.
Dan entah, sudah keberapa kalinya aku mendapat pujian dari si sulung tentang makanan buatanku.
Jujur, aku terharu. Hanya satu kalimat pendek, “Bu, ini tadi ibu masaknya pakai apa kok enak banget, besok bikin seperti ini lagi ya bu”.
Ah, bahagia aku mendengarnya. Padahal sederhana sekali kan?

Atau jika suatu hari aku sempatkan bikin cake sederhana di rumah, ternyata satu loyang cake habis hanya dalam hitungan jam, membuat aku merasa jadi seorang ibu yang lumayan lah…. Bisa membuat anak anak senang.
Kata kata pendek mereka seperti,” bu, ini kuenya enak sekali. Besok kalau bikin spt ini lagi ya bu?”

Atau, jika si sulung cerita kalau tadi siang hanya makan bekalnya sedikit, karena teman teman di kelasnya pada minta bekalnya. Dan ia bercerita, bagaimana dengan bangga ia memberitahukan ke teman temannya bahwa yang masak adalah ibunya. Bukan beli. Dan bagaimana pula teman temannya memuji makanan yang dibawanya. Ah, dunia yang penuh spontanitas.

Mungkin, pujian pujian sederhana yang diungkapkan secara spontan dari anak-anak merupakan ekspresi yang tulus dan jujur dari mereka. Dan tidak mudah menjadikan anak anak dapat mengekspresikan apa yang ada di benak mereka secara spontan. Apalagi yang bersifat pujian seperti itu. sebagai orang tua kita juga harus biasa mengekspresikan hal hal yang baik kepada mereka. Ucapan terima kasih dengan spontan, juga hal yang patut diterapkan kepada mereka. Walaupun sedikit agak susah, karena lingkungan kadang tidak begitu mendukung. Namun, at least ada usaha dari lingkungan rumah untuk membuat anak anak dapat mengekspresikan apapun keinginan mereka dengan baik dan benar.

1 comment:

naanaaa said...

mbak faisha merupakan kandidat ibu yang baik. jaman sekarang udah jarang ya mbak ibu masak sendiri, biasanya rantangan atau beli. salut !